Struktur Organisasi

1. Ketua : Dr.Ir. Lilik Eka Radiati, MS
2. Sekretatris : Abd. Manab, Spt.MP
3. Bendahara : Khotibul Umam Al Awwaly, S.Pt. M.Si.
4. Laboran : Bandi Hisbullah Huda, Spt.
5. Anggota : 1. Drh. Masdiana Ch. Padaga, M.App.Sc
2. Ir. Eni S, MP

Pengembangan struktur organisasi disesuaikan dengan kebutuhan dan fungsi dari Laboratorium Mikrobiologi. Kepengurusan laboratorium terdiri dari koordinator sarana dan  prasarana, bendahara, sekretaris, layanan yang meliputi Bidang Akademik, Bidang Kerjasama  dan Bidang Penelitian dan Layanan Publik. Ketiga layanan ini dirasakan sesuai dengan  kebutuhan laboratorium dan bersifat fleksibel, dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan di masa mendatang.

Tugas Pokok Pengurus Laboratorium
Ketua

Merupakan pimpinan kepengurusan Laboratorium bertanggung jawab dalam mengimplementasikan kebijakan, regulasi danaktivitas laboratorium sesuai dengan visi dan misi dengan tugas sebagai berikut :
1. Melakukan koordinasi dan memberi arahan kepada staf laboratorium dalam menjalankan tanggung jawabnya
2. Merencanakan, mengembangkan dan mensosialisasikan program-program laboratorium
3. Memonitor implementasi program agar berjalan secara efektif dan efisien.
4. Melaksanakan kegiatan lain yang terkait dengan visi misi Jurusan Produksi Ternak
5. Mengimplementasikan kebijakan koordinator sarana dan prasarana laboratorium dalam pengembangan kerjasama dengan institusi lain.
6. Merancang strategi dan melakukan aktivitas yang mengarah pada pembentukan jaringan kerjasama baru dan peningkatan hubungan kerjasama yang telah terbentuk.
7. Berkoordinasi dengan berbagai pihak yang bekerjasama dengan laboratorium, misal dengan perusahaan, pemerintah daerah atau kelompok masyarakat lain.
8. Melakukan koordinasi dengan bidang layanan lain untuk kegiatan yang terkait

 

Sekretaris
Bertanggung jawab terhadap pengelolaan kearsipan dalam implementasi program dan aktivitas laboratorium, dengan tugas sebagai berikut :

  1. Merencanakan dan mengalokasikan waktu pelaksanaan kegiatan pelayanan pendidikan terhadap kegiatan praktikum dan penelitian
  2. Pengaripan kegiatan
  3. Bertanggung jawab terhadap pengembangan dan pelaksanaan standar pengajaran dan  praktikum dari setiap mata kuliah yang ada di laboratorium
  4. Berkoordinasi dengan penanggung jawab mata kuliah untuk menghimpun  diktat/modul/panduan praktikum yang akan digunakan dalam pelaksanaan pengajaran dan praktikum dari setiap mata kuliah yang diasuh Laboratorium Ternak Potong
  5. Bertanggung jawab terhadap standarisasi prosedur operasional fasilitas laboratorium
  6. Bertanggung jawab terhadap pengembangan database akademik laboratorium
  7.  Melakukan koordinasi dengan bidang layanan lain untuk kegiatan yang terkait
  8. Memberikan laporan secara periodik kepada kepala laboratorium

 

Bendahara

Bertanggung jawab terhadap pengelolaan keuangan dalam implementasi program dan  aktivitas laboratorium, dengan tugas sebagai berikut :

  1. Merencanakan dan mengalokasikan anggaran kebutuhan laboratorium
  2. Mengatur alokasi penggunaan dana praktikum
  3. Melakukan pembukuan arus keluar masuk dana laboratorium
  4. Memberikan laporan secara periodik kepada kepala laboratorium Ketiga bidang layanan yang ada di laboratorium dijalankan oleh staf pengajar dan asisten lanoratorium. Untuk memudahkan pelaksanaan fungsi bidang layanan, koordinator sarana dan prasarana menunjuk seorang penanggung jawab masing-masing bidang.